Pagar Brc | Fotokatalis Solusi Baru Pelapis Pagar Tahan Karat Multiguna



Pagar Brc-Pagar besi yang gampang berkarat memang mengesalkan.

Ternyata ada ide terbaru selain mengecat ulang, yaitu melapisi pagar dengan pelapis anti karat yang multiperan.

Ingin tahu bagaimana teknologi pelapis pagar anti karat ini ?

Setiap pagar memiliki problemnya masing-masing, namun problem paling umum yang acapkali ditemui adalah pagar besi yang cepat berkarat. Penyebabnya ada bermacam-macam, contohnya air hujan atau bahkan cuaca yang tidak menentu. 
 
Kemungkinan pagar besi yang cepat berkarat karena tidak memiliki lapisan pagar yang tahan karat (seperti pagar brc tahan karat).


Ada problem tentu ada pemecahannya , sebenarnya sudah tersedia cara-cara melapisi pagar agar tidak berkarat. Contohnya seperti pelapisan galvanis pada pagar brc, namun salah satu yang paling umum merupakan melapisinya dengan cat. 
 
Namun cat memiliki kekurangan, yaitu gampang terkelupas dan pagar berkarat lagi. Akibatnya, harus ada perawatan rutin yaitu pengecatan pagar kembali yang akan memakan biaya.

Solusi terbaru yaitu melapisi permukaan pagar besi dengan teknologi bernama fotokatalisis . Proses kerjanya mendapat bantuan dari cahaya yang bersumber dari sumber spektrum cahaya matahari mirip cahaya tampak, uv, dan sebagainya. Teknologi ini dapat digunakan untuk susunan pagar tahan karat pada besi dengan membuat larutan katalis. Katalis artinya senyawa yang bisa membantu suatu senyawa, atau bahan untuk bereaksi dengan senyawa lain ataupun lingkungan dengan lebih baik.

Salah satu dampak yang bermanfaat untuk pagar besi anda, tentu menjadi pelapis karat. Cara kerja untuk membuat pelapis karat ini dengan membuat larutan dari katalis. Katalis yang sering diperanankan ialah titanium dioksida . Bahan tersebut murah, gampang dicari, dan ramah lingkungan. Cara membuat larutannya dengan mencampurkan titanium dioksida berbentuk serbuk putih dengan air, setelah melalui beberapa proses beberapa menit, akan menjadi larutan yang juga berwarna putih krem yang akan digunakan melapisi pagar besi nantinya.

Teknik pengaplikasiannya dengan mengoleskan besi mirip dengan cat, lalu mengeringkannya dengan suhu tinggi agar katalis dapat menempel ke besi. Dengan lapisan katalis pada pagar besi dibandingkan dengan besi yang tidak dilapisi, besi tidak mengalami karat, sedangkan besi yang tidak dilapisi menjadi berkarat setelah dua hari.

Kesimpulannya cara yang telah disebutkan diatas adalah cara alternative untuk menghindarkan pagar besi kita dari serangan karat. Namun untuk cara yang lebih serius disarankan menggunakan lapisan galvanis seperti yang diterapkan pada Pagar Brc.

Comments

Popular Posts